Manfaat Daun Sirih Hitam

1127x dibaca

Di dunia ini banyak jenis daun sirih diantaranya adalah daun sirih merah, daun sirih putih, daun sirih wulung , daun sirih hitam dan masih banyak lagi, Kali ini Alaherba akan membahas beberapa manfaat daun sirih hitam.

Daun Sirih Hitam adalah tanaman yang masuk ke dalam genus piper mirip bentuk hati. Sesuai namanya, daun ini warnanya hitam pada seluruh bagian daun, batang, bahkan sampai akarnya. Jika Anda memetik daun ini lalu dibiarkan, maka warnanya akan tetap hitam atau tidak berubah kecokelatan seperti daun-daun lainnya. Yang menarik dari daun Sirih Hitam ialah tidak mempunyai bayangan. Bila daun ini diberi cahaya menggunakan senter, maka bayangannya tidak terlihat.

Sirih Hitam memiliki segudang manfaat untuk tubuh manusia, diantaranya yaitu :

1. Sebagai Obat Cuci Mata

Manfaat Daun Sirih Hitam sebagai obat cuci mata. Cara menggunakannya yaitu rebus beberapa lembar daun Sirih Hitam dengan satu gelas air. Biarkan air rebusannya dingin kemudian gunakanlah untuk mencuci mata, lakukan cara tersebut 3 kali sehari.

2. Mengobati Demam Berdarah

Demam berdarah adalah penyakit yang berbahaya, jika tidak segera diatasi maka bisa menyebabkan kematian. Salah satu cara untuk mengobati demam berdarah ini adalah dengan menggunakan daun Sirih Hitam. Caranya siapkan daun Sirih Hitam 5 lembar kemudian rebus dengan air sebanyak 2 gelas. Rebuslah hingga airnya tersisa satu gelas saja, minum air rebusan ini sebanyak dua kali sehari.

3. Memperlancar Sistem Aliran Darah

Kandungan flavonoid yang ada di dalam daun Sirih Hitam ternyata sangat berguna dalam memperlancar aliran darah. Khususnya bagi penderita kanker yang sedang menjalani kemoterapi, biasanya akan terjadi penyumbatan darah, maka dari itu manfaat Daun Sirih Hitam ini sangat membantu mengatasi hal tersebut.

4. Mengatasi Gusi yang Bengkak

Gusi yang bengkak bisa disembuhkan dengan meminum rebusan air daun Sirih Hitam. Cara membuatnya siapkan daun Sirih Hitam sebanyak 3 lembar, kemudian rebus dan minumlah air rebusannya secara rutin.

5. Mengobati Kanker Payudara

Khasiat Daun Sirih Hitam mengobati kanker. Kanker payudara adalah penyakit ganas yang sangat menakutkan. Untuk memanfaatkan daun Sirih Hitam sebagai obat kanker payudara yaitu rebus daun ini sebanyak 15 lembar. Tambahkan juga Daun Iler 7 lembar, Daun Sambiloto 1 genggam, dan air 3 gelas. Rebus hingga mendidih, angkat dan saring. Gunakanlah air rebusan daun ini untuk mengompres payudara setiap hari.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah yang tinggi bisa diturunkan secara alami menggunakan daun Sirih Hitam. Cara membuat ramuan sangat mudah, sediakan daun Sirih Hitam 2 lembar yang sudah dicuci bersih. Kemudian potong-potong dan blender hingga halus. Tambahkan dengan air panas lalu aduklah hingga rata. Tunggu sampai hangat dan minum ramuan daun Sirih Hitam ini teratur.

7. Mengobati Batuk Rejan

Batuk rejan disebabkan oleh infeksi bordetella pertussis yang menyebar cepat lewat batuk. Gangguan pernapasan ini sangat mudah menular, maka dari itu untuk menyembuhkan batuk rejan adalah menggunakan daun Sirih Hitam. Caranya siapkan daun Sirih Hitam 3 lembar lalu cuci sampai bersih.

Setelah itu rebus dengan air 150 ml, rimpang 8 gram, dan akar manis 15 gram. Minumlah ramuan sehari dua kali yaitu pada pagi dan sore hari. Manfaat Daun Sirih Hitam sangat efektif sekali mengatasi batuk.

8. Mengobati Bronchitis

Merupakan penyakit pada saluran pernapasan atau paru-paru. Penyakit ini akan menyebabkan radang pada saluran pernapasan. Dan untuk mengatasi masalah ini salah satunya adalah dengan daun Sirih Hitam. Cara membuat ramuannya yaitu siapkan daun Sirih Hitam 7 lembar lalu potong kecil-kecil. Rebus bersama dengan air 2 gelas dan gula batu 2 butir. Biarkan sampai mendidih dan saring, kemudian minum airnya 3 sendok makan sebanyak 3 kali sehari.

8 Manfaat Daun Sirih Hitam semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat.

Manfaat Daun Jambu Biji

Manjadda
121x dibaca

Manfaat Daun Jeruk Purut

Manjadda
345x dibaca

Manfaat Daun Meniran

Manjadda
360x dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *