Manfaat Daun Sirsak

965x dibaca

manfaat daun sirsak

Buah sirsak pastinya disukai bahkan difavoritkan sebagian besar orang, namun tak banyak diketahui bahwa daunnya pun memiliki banyak manfaat. Sirsak dengan nama latin Annona muricata ini biasa disantap langsung, ada pula yang menikmatinya dengan dibuat menjadi segelas jus. Di dalam sirsak terdapat serat yang berlimpah dan juga aneka nutrisi serta karbohidrat.

Namun, yang akan dibahas kali ini bukanlah mengenai khasiat dari buah sirsak, tetapi khasiat daun sirsak untuk kesehatan tubuh. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan National Cancer Institute pada tahun 1976 bahwa daun sirsak ampuh menghancurkan sel kanker. Di dalam daun sirsak terdapat kandungan senyawa proaktif yang sulit ditemukan pada daun buah lain.

Berbagai Manfaat Daun Sirsak

1. Manfaat daun sirsak untuk Kanker

Seperti yang telah dijabarkan, daun sirsak memang dapat mematikan sel-sel kanker tanpa membunuh sel-sel sehat yang ada di dalam tubuh. Daun sirsak lebih efektif mengobati kanker dibanding dengan pengobatan kemoterapi yang memakan biaya sangat mahal.  Caranya yaitu:

  1. Petiklah daun sirsak sepuluh sampai lima belas lembar
  2. Siapkan air  sejumlah tiga gelas
  3. Rebus daun sirsak yang telah dipetik
  4. Tunggu hingga tersisa satu gelas air rebusan saja
  5. Saring air rebusan lalu dinginkan
  6. Lakukan hal ini setiap pagi secara rutin hingga kondisi tubuh membaik.

2. Manfaat daun sirsak untuk Asam Urat

Asam urat adalah penyakit yang terjadi akibat penumpukan kristal asam di suatu sendi. Asam urat biasanya terjadi di bagian kaki mulai dari lutut, pergelangan hingga telapak kaki. Dipilihnya daun sirsak untuk pengobatan asam urat karena di dalamnya ada zat-zat baik seperti annocatilin, asam linoleat dan caclourin yang mampu mengobati penyakit asam urat.

Caranya ialah sebagai berikut:

  1. Petik beberapa helai daun sirsak sesuai kebutuhan
  2. Siapkan dua gelas air putih
  3. Rebus daun sirsak hingga tersisa satu gelas saja
  4. Saring lalu dinginkan
  5. Minum ramuan daun sirsak sebanyak dua kali sehari secara rutin.

3. Manfaat daun sirsak untuk Tumor

Seseorang terindikasi menderita tumor ketika muncul suatu benjolan di area tubuhnya yang disebabkan sel baru tumbuh sebelum sel mati hilang. Tumor dapat disembuhkan dengan alami yaitu dengan daun sirsak karena ia mengandung zat yang dapat membunuh perkembangan bakteri dan virus. Cara menggunakannya, yaitu:

  1. Petik daun sirsak berumur tua, namun masih berwarna hijau
  2. Siapkan enam ratus ml air
  3. Rebus daun sirsak hingga mendidih
  4. Sisakan satu gelas rebusan untuk dikonsumsi
  5. Saring dan dinginkan
  6. Lakukan aktivitas mengkonsumsi air rebusan daun sirsak hingga tumor menghilang.

4. Manfaat daun sirsak untuk Diabetes

Penyakit gula adalah salah satu penyakit yang lambat laun namun mematikan dan menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia khususnya negara kita. Di dalam daun sirsak terdapat zat-zat aktif yang disebut dengan acetogenins memberi harapan ke para penderita diabetes untuk sembuh. Zat ini untuk mengurangi (reduksi) gula darah penderita diabetes.

Selain empat manfaat di atas, daun sirsak juga mempunyai manfaat yang lainnya yaitu untuk kesuburan, tiroid dan kista ovarium. Manfaat daun sirsak untuk kesuburan ialah untuk meningkatkan kesuburan baik pria maupun kesuburan wanita. Daun sirsak dapat dijadikan obat herbal bagi Anda yang belum diberikan keturunan karena akan memberi nutrisi pada sel telur dan ovarium.

Tak hanya peningkat kesuburan pria dan wanita, manfaat daun sirsak untuk kista ovarium juga diakui keberadannya. Zat di dalam daun sirsak seperti Annohexocin, Annomuricin dan Annomurine dapat membunuh segala jenis sel tumor salah satunya kista. Zat baik yang dimiliki daun sirsak pun akan meningkatkan kekebalan tubuh bagi siapa pun yang mengkonsumsinya.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas pula mengenai manfaat daun sirsak untuk tiroid atau populer dengan nama kelenjar tiroid. Daun sirsak mempunyai nutrisi yang komplit sehingga banyak dipakai para ahli untuk mengobati bahkan mencegah tiroid. Cara menggunakannya sama seperti cara-cara yang sebelumnya, yaitu dengan merebus daun sirsak lalu mengkonsumsinya secara rutin.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa manfaat daun sirsak bagi kesehatan, Semoga bermanfaat.

Manfaat Buah Belimbing

Manjadda
166x dibaca

Manfaat Buah Bengkoang

Manjadda
155x dibaca

Manfaat Buah Naga

Manjadda
114x dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *