Manfaat Daun Sirih

144x dibaca

Semua orang pasti tahu daun sirih, daun yang memiliki segudang manfaat ini sangatlah dibutuhkan manusia. Sebab daun sirih dari dahulu sudah digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Jadi tidak heran apabila banyak orang yang memakai daun ini untuk dijadikan sebagai obat.

Beberapa manfaat daun sirih antara lain yaitu:

1. Melancarkan Menstruasi

Menstruasi yang tidak lancar kadang memang dialami oleh beberapa wanita. Jika siklus menstruasi tidak lancar biasanya wanita akan mudah cemas dan bingung. Namun kali ini Anda tidak perlu khawatir karena daun sirih memiliki kandungan yang akan membantu melancarkan menstruasi.

Cara membuat ramuannya yaitu siapkan daun sirih 5 lembar dan cucilah sampai bersih, kemudian rebus sampai mendidih. Minumlah airnya selagi hangat secara teratur agar menstruasi Anda tetap lancar.

2. Menyembuhkan Demam Berdarah

Manfaat Daun sirih yang kedua adalah bisa menyembuhkan demam berdarah. Demam berdarah bisa disembuhkan secara alami menggunakan daun sirih, Caranya sediakan daun sirih 6 lembar lalu cuci bersih. Siapkan air 2 gelas lalu rebuslah bersama Daun sirih yang tadi sudah disiapkan. Biarkan hingga mendidih, tunggu hingga dingin dan minumlah ramuan ini dua kali sehari.

3. Mengatasi Gusi Bengkak dan Sariawan

Bagi Anda yang mengalami gusi bengkak dan sakit serta sariawan, maka khasiat daun sirih bisa mengatasi masalah tersebut. Caranya Anda bisa langsung mengunyah daun sirih mentah-mentah, tetapi apabila Anda merasa jijik dan tidak nyaman maka bisa menggunakan cara lain. Yaitu Anda bisa berkumur dengan air rebusan Daun sirih setiap hari sampai gusi yang bengkak dan sariawan sembuh.

4. Menyegarkan Mulut

Air rebusan Daun sirih ternyata sangat efektif untuk membuat mulut selalu segar. Daun sirih secara efektif akan membunuh kuman-kuman di dalam rongga mulut, sehingga rongga mulut akan tetap segar. Jika rongga mulut bersih dan segar maka Anda akan terhindar dari yang namanya bau mulut.

5. Mengatasi Iritasi Pada Mata

Iritasi yang terjadi pada mata memang sangat perih dan kadang menimbulkan rasa tidak nyaman. Oleh sebab itu, iritasi tersebut harus segera diatasi agar tidak menyiksa. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengolah daun sirih.

Caranya siapkan beberapa lembar daun sirih kemudian rebus hingga mendidih. Tunggulah hingga dingin lalu Anda bisa menggunakan air rebusan tersebut untuk mencuci mata.

5. Mengatasi Radang Tenggorokan

Manfaat daun sirih yang berikutnya yaitu bisa mengatasi radang tenggorokan. Radang tenggorokan apabila sedang menyerang sangat mengganggu. Jika sudah parah, radang tenggorokan bisa membuat Anda kesulitan berbicara, perih saat menelan makanan atau minuman, batuk, dan suara menjadi serak.

Maka dari itu, radang tenggorokan ini harus segera diatasi agar tidak menjalar kemana-mana. Caranya Anda bisa berkumur-kumur menggunakan air rebusan Daun sirih hingga ke tenggorokan. Lakukan setiap hari agar radang menjadi ringan.

6. Mengobati Asma

Asma adalah penyakit pada saluran pernapasan, dan penyakit ini bisa terjadi karena faktor keturunan. Jika sedang kumat, biasanya asma akan menyebabkan napas tersengal-sengal, tidak bisa melakukan aktivitas yang berat, dan sesak napas terus-terusan.

Namun perlu Anda ketahui bahwa penyakit asma bisa disembuhkan secara alami menggunakan daun sirih. Caranya Anda cukup minum rebusan daun sirih secara rutin. Dengan cara inilah penyakit asma yang bersarang pada tubuh Anda lama-kelamaan bisa segera sembuh.

Daun sirih dari dahulu memang sudah digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Jadi tidak heran apabila sekarang tanaman ini masih banyak yang menanamnya dan mengolahnya untuk dijadikan obat. Semoga manfaat Daun sirih bermanfaat dan bisa membantu Anda dalam mengatasi gangguan kesehatan.

Manfaat Daun Belantas

Manjadda
103x dibaca

Manfaat Daun Gaharu

Manjadda
430x dibaca

Manfaat Daun Jambu Biji

Manjadda
124x dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *