Manfaat Daun Pepaya

205x dibaca

Sayuran yang identik dengan rasa pahit ini memang tak hanya enak saja untuk dimakan sebagai lalapan atau dioseng sebagai teman makan. Daun pepaya sudah sejak dulu dimanfaatkan sebagai obat untuk mengurangi nyeri haid, menghilangkan jerawat, dan lain sebagainya. Eksistensi daun pepaya juga dibuktikan dengan banyaknya produk obat herbal berbahan daun kates ini. Di samping buahnya yang dapat melancarkan pencernaan, biji pepaya juga disebut-sebut ampuh menghitamkan rambut.

Sebelum mengulik lebih dalam mengenai segudang Khasiat daun pepaya, berikut adalah tips untuk menghilangkan rasa pahit pada daun kates ini.

Sebelum direbus, remas daun dengan garam dapur sampai layu dan mengeluarkan air.

  1. Rebus daun kates dengan daun jambu biji, gunakan perbandingan 3 : 10, 3 lembar daun pepaya bersama 10 lembar daun jambu biji.
  2. Anda bisa menambahkan segenggam tanah liat atau batu bata saat merebusnya. Jangan lupa tiriksan dan cuci setelah daun pepaya matang agar tetap higienis saat dimakan.

Manfaat Daun Pepaya untuk kesehatan

1. Penambah nafsu makan

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan selera makan, ada baiknya Anda tidak usah buru-buru untuk membeli suplemen di Apotek. Cobalah ramuan alami dari daun pepaya ini. campurkan daun pepaya segar dengan garam dapur dan air hangat secukupnya. Tumbuk sampai halus kemudian saring airnya, Anda bisa meminum air hasil perasan tersebut.

Agar optimal, Anda bisa mengkonsumsi obat ini 2-3 hari sekali. Jangan terlalu sering. Sementara untuk anak-anak, Anda bisa memberikan ramuan ini seperempat gelas saja.

2. Membuat pencernaan lancar

Bagi Anda yang acapkali bingung lantaran si kecil menderita sembelit, Anda bisa mengandalkan manfaat daun pepaya ini dengan cara ditumis. Carilah resep yang enak dan praktis agar anak Anda tertarik untuk memakannya. Selain sehat dan kaya sehat, Anda pun tak perlu mengeluarkan budget untuk menggasak nilai plus dari daun yang rasanya pahit ini.

3. Meredakan nyeri haid

Menstruasi bagi sebagian besar wanita dibarengi dengan nyeri di bagian pinggul atau perut bawah. Jamu tradisional ramuan daun pepaya adalah solusi recomended yang mesti Anda coba. Ambil 1 lembar daun pepaya dengan asam jawa dan garam, rebus hingga matang. angkat dan tiriskan, Anda bisa meminum daun ini agar nyeri haid yang Anda derita berkurang.

Meski manfaat daun pepaya sangat banyak, namun wanita hamil sebaiknya harus dibatasi dalam hal konsumsi daun pepaya karena berpotensi fatal bagi janin yang mereka kandung.

4. Menghilangkan jerawat di wajah

Anda mungkin sering tidak percaya diri lantaran jerawat menjadi momok menakutkan yang terus menghantui. Bersyukurlah Anda karena cara alami memberantas jerawat ini bisa Anda lakukan dengan menumbuk 2 lembar daun pepaya tua yang sudah dikeringkan terlebih dahulu. Setelah halus, tuangkan sedikit air hangat lalu oleskan secara merata ke area wajah yang berjerawat selama 20-30 menit. Kemudian bilas muka Anda sampai bersih.

5. Mengatasi tekanan darah tinggi

Beresiko menjadi stroke, hipertensi bisa dikatakan sebagai penyakit yang riskan dan diidap oleh banyak orang. Untuk itu sangat perlu bagi Anda mengontrol tekanan darah di dalam tubuh.

Untuk merasakan manfaat daun pepaya ini, cukup dengan merebus lima lembar daun dengan setengah liter air rebusan tersebut lalu tuangkan pemanis madu murni atau gula merah untuk menetralisir rasa pahitnya. Anda bisa meminumnya selagi hangat. Mudah sekali bukan?.

Bagaimana? Masih enggan menikmati daun pepaya setelah tahu segudang manfaatnya? Jika ingin mendapatkan manfaat daun pepaya seperti di atas, Anda bisa mengonsumsinya namun jangan terlalu berlebihan.

 

Manfaat Daun Belantas

Manjadda
103x dibaca

Manfaat Daun Gaharu

Manjadda
430x dibaca

Manfaat Daun Jambu Biji

Manjadda
124x dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *