Manfaat Daun Mengkudu

301x dibaca

Hampir semua orang tahu Mengkudu. Ini adalah tanaman obat yang sering sekali dipakai dalam beberapa pengobatan. Kebanyakan orang tahu bahwa bagian tanaman Mengkudu yang bisa dijadikan obat adalah bagian buahnya. Namun sebenarnya tidak hanya itu saja, sebab Daun Mengkudu juga memiliki banyak khasiat. Dan khasiat tersebut pastinya sangat dibutuhkan oleh setiap orang.

Berikut ini adalah manfaat Daun Mengkudu

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan yang baik adalah salah satu ciri kesehatan tubuh. Pasalnya kesehatan tubuh dimulai dari sistem pencernaannya. Bila pencernaan sehat maka anggota tubuh lain pun juga akan selalu sehat.

Cara mengolah Daun Mengkudu sangatlah mudah, Anda cukup merebus beberapa lembar Daun Mengkudu hingga mendidih. Setelah itu biarkan sampai dingin barulah Anda minum. Meminumnya secara rutin dan teratur bisa membuat pencernaan Anda selalu sehat.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Setiap orang pasti ingin kulitnya selalu sehat, terutama wanita. Semua wanita tentu ingin kulitnya bersih, halus, lembut, dan kenyal. Dan manfaat Daun Mengkudu salah satunya yaitu bisa menjaga kesehatan kulit.

Suatu penelitian dari The National Institutes of Health Office of Dietary Supplements mengungkapkan bila selenium dan protein apabila disatukan akan membentuk selenoproteins. Dan zat inilah yang akan mencegah datangnya radikal bebas.

Seperti yang diketahui bahwa radikal bebas tidak bagus sekali untuk tubuh manusia, tidak terkecuali bagian kulit. Jadi manfaat daun ini memang sangat terbukti sekali mampu menjaga kesehatan serta melindungi kulit dari bahaya radikal bebas.

3. Mencegah Sel Kanker

Tidak ada yang memungkiri bila semua orang takut dengan penyakit yang satu ini, yaitu kanker. Kanker adalah penyakit mematikan yang semua orang tidak ingin mengidapnya. Penyembuhan penyakit kanker sendiri tidaklah mudah, karena perlu adanya pengobatan yang serius dan bertahap. Namun sebelum itu terjadi, penyakit kanker sebenarnya bisa dicegah.

Salah satu cara mencegahnya adalah menggunakan Daun Mengkudu. Khasiat Daun Mengkudu yang satu ini akan membunuh sel kanker yang tumbuh, jadi secara otomatis akan mencegah munculnya penyakit kanker.

4. Menghilangkan Jerawat Membandel

Jerawat yang tiba-tiba saja muncul memang sangat mengganggu, karena jerawat bisa membuat seseorang tampil menjadi tidak percaya diri. Salah satu manfaat Daun Mengkudu adalah bisa menghilangkan jerawat.

Daun Mengkudu memiliki beberapa kandungan seperti :

  • Zat terpenes yang akan meremajakan kulit dan mengobati jerawat
  • Terpenoid yang akan memulihkan sel kulit rusak akibat jerawat
  • Zat anti bakteri yang akan melemahkan bakteri penimbul jerawat
  • Colopetin yang akan mengobati peradangan pada jerawat serta mencegah datangnya alergi

Caranya yaitu ambil Daun Mengkudu bagian pucuk pohon kemudian cucilah sampai bersih. Tumbuk daun tersebut sampai halus, campurkan dengan sedikit Minyak Zaitun dan aduklah hingga tercampur rata. Cuci muka Anda sampai bersih kemudian oleskan ramuan tadi ke wajah Anda yang terdapat jerawatnya. Biarkan selama satu jam lalu bersihkan wajah Anda menggunakan air. Lakukan cara ini dua kali seminggu agar jerawat segera pergi.

Manfaat Daun Mengkudu memang banyak sekali dan akan membantu Anda dalam menjaga kesehatan. Biasanya Daun Mengkudu ini diolah menjadi teh, kemudian tinggal diseduh dan diminum. Teh dari Daun Mengkudu bisa menjadi obat yang memberikan banyak sekali manfaat, diantaranya adalah seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi.

Itulah manfaat Daun Mengkudu yang bisa Anda peroleh, semoga informasi tersebut bisa menjadi referensi yang bermanfaat sehingga Anda bisa memanfaatkan Daun Mengkudu dengan baik.

Manfaat Daun Belantas

Manjadda
103x dibaca

Manfaat Daun Gaharu

Manjadda
430x dibaca

Manfaat Daun Jambu Biji

Manjadda
124x dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *