Manfaat Daun Krokot

1130x dibaca

Nama krokot mungkin terdengar asing bagi banyak orang, padahal jenis tanaman yang satu ini hampir ada di semua tempat. Daun krokot adalah tanaman rumput yang biasanya tumbuh di pinggir jalan, ladang, sawah, dan pekarangan rumah.

Di desa-desa, daun krokot ini sering sekali digunakan sebagai pakan ternak kambing dan sapi. Ciri-ciri tanaman ini yaitu bunganya berwarna kuning, bentuk daunnya bulat dan tebal, kemudian batang yang berair dan juga tebal.

Meski daun ini merupakan pakan ternak, namun perlu Anda ketahui bahwa daun krokot mengandung banyak sekali khasiat untuk kesehatan. Beberapa kandungan yang terdapat di daun krokot antara lain Sodium, Mangan, Vitamin C, Vitamin A, Magnesium, Zat Besi, Fosfor, Kalsium, Saponin, Fosfat, dan Tanin.

Adapun manfaat daun krokot yang bisa Anda ketahui yaitu :

1. Mengobati Cacingan

Sering sekali anak-anak menderita cacingan yang disebabkan oleh banyak hal. Cacingan terjadi karena masuknya cacing kotor ke dalam pencernaan. Dan untuk mengatasi cacingan ini Anda bisa memanfaatkan daun krokot. Daun ini secara efektif akan membasmi cacing-cacing penyebab cacingan pada tubuh Anda.

2. Mengobati Penyakit Asma

Khasiat Daun krokot yang berikutnya adalah untuk meredakan sakit ketika asma kambuh. Selain itu, daun ini juga akan menjaga kesehatan fungsi saluran pernapasan. Gunakan daun ini secara rutin supaya kesehatan pernapasan selalu aman dan terjaga.

3. Mencegah Infeksi Pada Saluran Buang Air Kecil

Tidak jarang orang yang menderita penyakit infeksi saluran buang air kecil. Infeksi pada saluran kencing adalah penyakit yang disebabkan oleh kuman. Anda bisa mengatasi masalah ini menggunakan daun krokot. Dan secara alami, daun krokot ini akan membersihkan saluran buang air kecil Anda.

4. Membuat Pikiran Lebih Tenang

Pikiran yang stress hingga depresi merupakan hal buruk. Sebab masalah ini bisa membuat kesehatan menurun. Maka dari itu, stress atau depresi harus segera dihilangkan agar kondisi tubuh tidak semakin memburuk. Caranya adalah dengan menggunakan Daun krokot. Daun ini secara alami dan efektif akan membuat Anda lebih tenang, sehingga akan menurunkan tingkat stress atau depresi.

5. Membantu Melancarkan Aliran Darah

Aliran darah yang tidak lancar memang bisa membuat organ tubuh terganggu fungsinya. Maka dari itu, segera atasi masalah ini menggunakan daun krokot. Manfaat daun krokot ini akan membantu melancarkan aliran darah Anda, sehingga darah-darah yang tersumbat akan kembali lancar dan normal kembali.

6. Sebagai Anti Hipertensi

Hipertensi atau yang orang kenal tekanan darah tinggi adalah gejala penyakit jantung dan juga stroke. Penyakit ini harus segera diobati supaya tidak menimbulkan hal-hal berbahaya tersebut. Cara untuk mengatasinya adalah dengan daun krokot.

7. Mengobati Wasir dan Ambeien

Manfaat daun krokot yang berikutnya yaitu mampu mengobati wasir. Wasir atau ambeien adalah penyakit yang terjadi pada sistem pencernaan. Penyakit ini disebabkan karena pembuluh vena di anus membengkak karena penderita sering mengejan. Rasa penyakit ini tentunya sangat menyiksa, maka dari itu harus segera diobati. Dan salah satu cara mengobati wasir atau ambeien ini selain menggunakan daun binahong adalah menggunakan daun korokot.

8. Mengobati Diare

Keracunan atau salah makan bisa menyebabkan seseorang terkena diare. Seseorang yang terkena diare apabila tidak segera diatasi bisa berbahaya bahkan bisa membuat tubuh menjadi lemas tak berdaya. Jadi segeralah obati diare menggunakan Daun krokot. Gunakanlah pengobatan menggunakan daun ini sampai diare sembuh dan tidak muncul kembali.

Demikianlah seputar manfaat daun krokot yang bisa Anda ketahui. Semoga beberapa macam gangguan kesehatan bisa Anda sembuhkan dengan Daun krokot ini.

Manfaat Daun Jambu Biji

Manjadda
121x dibaca

Manfaat Daun Jeruk Purut

Manjadda
343x dibaca

Manfaat Daun Meniran

Manjadda
358x dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *