12 Rahasia Manfaat Daun Ketapang Untuk Kecantikan

3436x dibaca

Popularitas tanaman ketapang memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Dibekali dengan sifat farmakologi yang tingi, ketapang ditengarai ampuh dalam menyembuhkan beberapa penyakit. Tidak hanya pada daunnya yang kerap dipakai sebagai hiasan aquarium lantaran dipercaya dapat memperpanjang usia ikan, Khasiat daun ketapang juga didukung dengan biji, batang, dan pepagannya untuk dijadikan sebagai obat.

Mempunyai nama latin Terminalia catappa L, tumbuhan yang juga kerap disebut sebagai katapang ini memiliki pohon berdaun lebar dan banyak ditemukan di daerah dengan iklim tropis berpasir. Habitat hidupnya memang terdapat di pantai, jalan, dan ladang yang tidak ditanami apapun. Tanaman ini juga menyandang beberapa panggilan lokal yang di setiap daerahnya berbeda. Sebut saja kalis, katapang, sarisalo, katapleng, katafa, lahapang, hatapang, atapas, ketapas, dan lain sebagainya.

Tanaman yang mempunyai buah kecil ini memang tidak begitu sulit untuk Anda jumpai, terlebih kalau mengingat iklim Indonesia yang tropis. Anda bahkan bisa dengan mudah mendapatkannya tanpa harus mengeluarkan bugdet berlebih. Hebatnya, dengan khasiatnya yang segudang, pohon ketapang ini nyaris tidak memerlukan biaya pemeliharaan yang mahal seperti yang kebanyakan orang bayangkan.

Hanya saja, bagi Anda yang bermukim di daerah pegunungan mungkin akan lumayan butuh usaha untuk menjumpainya. Meski begitu, Anda masih bisa merasakan manfaat daun ketapang ini dengan membeli daunnya di pasar tradisional.

Karakteristik pohon ketapang sebenarnya sangat mudah untuk dikenali. Dengan bentuk pohon perdu dan ketinggian mencapai 25 m daun bertangkai pendek dengan warna hijau kemerahan ini juga punya permukaan yang mengkilap. Bunganya berukuran kecil yang warnanya putih sedikit kekuningan.

Untuk menikmati manfaat daun ketapang ini, Anda bisa memakan bijinya mentah. Rasanya hampir mirip seperti kacang dan sebagian lain mengatakan bahwa biji katapang ini mirip dengan buah kenari. Modifikasi terbaru bahkan mengabarkan jika biji ini mulai digunakan untuk campuran kue dan camilan yang sehat. Tentu dengan biaya yang lebih murah daripada mencampur kacang almond atau tanah.

Biji ketapang juga menjadi pemasok asam oleat, asam palmitat, asam linoleat, asam stearat, miristat protein, gula, dan asam amino.

Manfaat daun ketapang yang bisa Anda jadikan sebagai referensi.

  1. Biji ketapang sering dijadikan alternatif panganan lantaran mengandung protein, serat, dan sedikit karbohidrat.
  2. Pada bagian pepagan, daun bisa dipakai untuk menyamak atau pengawet kulit, tinta, dan bahan pewarna alami.
  3. Kayu ketapang kuat dan bisa digunakan untuk membuat perahu atau sampan. Hanya saja, kayu dari pohon ini rentan dimakan rayap.

Adapun manfaat Daun Ketapang lainnya adalah :

  1. Meringankan gejala peradangan pada rongga perut
  2. Sumber tenaga yang meningkatkan stamina
  3. Mempertajam daya ingat dan pola pikir
  4. Bisa mengobati kudis, lepra, dan gatal-gatal
  5. Meredakan gejala sariawan seperti bibir pecah-pecah dan sakit tenggorokan
  6. Menghentikan disentri atau buang air besar yang disertai dengan keluarnya nanah
  7. Menyembuhkan rematik dan mengurangi nyeri pada persendian
  8. Berperan sebagai diuretik yang mampu meluruhkan saluran kemih
  9. Menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah
  10. Mengurangi risiko terkena serangan jantungan dan stroke
  11. Menjaga kesehatan kulit dan menjadikan kulit Anda tetap lembab
  12. Menunda penuaan dini yang ampuh untuk menyamarkan noda hitam dan garis halus.

Manfaat daun ketapang ini juga bisa diambil dari minyaknya atau dengan merebus daun ketapang dan meminumnya seperti jamu tradisional. Bagaimana? Tertarik untuk rutin mengonsumsi daun ketapang yang memiliki segudang manfaat seperti di atas?

Manfaat Daun Mengkudu

Manjadda
300x dibaca

Manfaat Daun Anggur

Manjadda
350x dibaca

Manfaat Daun Urang Aring

Manjadda
216x dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *