5 Manfaat Buah Dan Daun * Kepel *

613x dibaca

Memiliki nama latin Stelechocarpus burahol, buah kepel yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta ini sekarang sudah sangat sulit sekali ditemukan. Terlebih jika mengingat populasi tanaman ini yang sedikit. Tanaman kepel umumnya ditanam di pekarangan. Sayangnya, seiring dengan berkembangnya waktu buah ini kepel ini semakin langka .

Tak jauh beda dengan tumbuhan yang ada di kawasan beriklim tropis, kepel bisa tumbuh dengan ketinggian sampai 20 meter, memiliki kulit berwarna kecokelatan dengan daging berwarna oranye. Pertumbuhan tanaman kepel juga sangat lambat, bahkan bisa mencapai 8-9 tahun untuk bisa mendapatkan buahnya.

Namun tahukah Anda, jika selain buah kepel yang mempunyai rasa manis, khasiat daun kepel ternyata juga ampuh menyembuhkan beberapa penyakit.

Tidak percaya ? ini dia ulasan selengkapnya untuk Anda.

1. Menghilangkan bau badan

Research Journal of Medicinal Plants melakukan penelitian pada tikus untuk membuktikan khasiat dari daun kepel yang bisa menghilangkan bau tidak sedap dari mulut, badan, zat sekresi pada manusia.

Hasilnya menunjukkan penurunan kadar amonia dan methyl-mercaptan (dua zat sisa pembuangan yang menyebabkan bau tidak sedap) pada fases tikus. Dari uji coba ini menyimpulkan bahwa buah kepel merupakan absorbent agent yang baik sehingga dapa menyingkirkan bau dari pembuangan keringat, urine, dan fases.

2.Mengatasi asam urat

Pada buah kepel tersimpan antihyperuricemic yaitu komponen yang bertugas memeriksa kelebihan dan kekurangan kadar asam urat di dalam tubuh. Bila Anda mempunyai kadar asam urat tang tinggi, maka zat inilah yang akan bekerja mengontrolnya agar tetap stabil.

Sebenarnya sudah menjadi keharusan bagi Anda untuk menjaga keseimbangan kadar zat dalam darah agar tidak melebihi batas wajarnya. Terapkanlah gaya hidup sehat dan hindari makanan dengan kadar kolesterol terlalu banyak.

Anda juga harus rutin berolahraga, minimal 3 kali dalam seminggu agar badan Anda tetap fit dan bugar.

3.Mengobati encok

Ya, masalah klasik yang selanjutnya adalah sakit encok. Persoalan ini bahkan tak hanya menimpa mereka yang sudah berusia lanjut saja, tetapi juga mereka yang masih muda. Nah, bagi Anda yang kerap bingung lantaran dihampiri oleh encok, kini Anda tak perlu khawatir. Manfaat daun kepel ternyata bisa menghilangkan encok yang Anda derita.

Ambil 7-8 helai daun kepel, cuci sampai bersih. Setelah itu, Anda bisa merebusnya bersama dua gelas air atau setara dengan 400 ml. Biarkan sampai mendidih dan volume airnya menyusut hingga sekitar satu cangkir saja (150 ml). Anda bisa mengkonsumsi ramuan tradisional ini selagi hangat. Konsumsi rutin 2-3 kali sehari dipercaya dapat memberantas masalah encok yang Anda derita.

4.Menurunkan kadar kolesterol

Daun kepel juga ampuh menangani kolesterol yang membandel. Ya, ini terjadi karena manfaat daun kepel yang mampu menyeimbangkan level kolesterol jahat (HDL) dalam darah. Anda bisa merebus daun kepel 7-8 lembar ke dalam tiga gelas air, didihkan hingga air rebusan tersisa satu cangkir.

Minum secara teratur setiap hari. Jika Anda tahan dengan rasanya, Anda juga bisa memakan daun kepel secara langsung untuk mengurangi kolesterol di dalam tubuh.

5.Menyehatkan sistem pencernaan

Buah kepel merupakan prebiotik, yaitu jenis makanan yang dikonsumsi oleh bakteri. Di dalam pencernaan manusia, terdapat bakteri bersahabat yang tinggal dan berkembang biak dalam tubuh serta bertugas untuk menjaga kesehatan pencernaan Anda.

Dengan konsumsi buah kepel secara rutin, sama halnya Anda menstimulasi perkembangan bakteri tersebut sehingga perncernaan Anda tetap sehat.

Itulah 5 manfaat daun kepel dan buahnya yang sayang sekali untuk Anda lewatkan.

Manfaat Daun Belantas

Manjadda
103x dibaca

Manfaat Daun Gaharu

Manjadda
430x dibaca

Manfaat Daun Jambu Biji

Manjadda
124x dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *