6 Manfaat Daun Kenikir Bagi Kesehatan

193x dibaca

Kerap dinikmati sebagai lalapan, kenikir yang juga dikenal dengan daun ulam raja ini merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Latin. Tumbuhan ini bisa tumbuh dengan tinggi hingga 1 meter, memiliki daun yang bertangkai panjang, dan tumbuh secara berhadapan.

Bagi pecinta urap, mengolah daun kenikir menjadi salah satu sayur yang wajib ada di dalam makanan khas Jawa itu mungkin sudah menjadi aktivitas yang wajib. Kenikmatan tersendiri yang disajikan daun kenikir memang menggoda dan membuat siapapun kecanduan untuk menikmatinya.

Namun tahukah Anda jika dibalik rasanya yang lezat, manfaat daun kenikir bagi kesehatan juga tak kalah luar biasanya. Dibekali dengan kandungan nutrisi komplek seperti saponin, protein, lemak, kalsium, dan Vitamin A, kenikir merupakan tanaman yang menyimpang segudang nilai plus bagi kesehatan tubuh.

Berikut adalah manfaat Daun Kenikir bagi Kesehatan

1. Mengatasi Lemah Jantung

Daun kenikir merupakan pemasok antioksidan dalam jumlah yang cukup banyak. Keberadaan flavonoid di dalamnya mampu bekerja memperbaiki sel-sel pada tubuh dan memberikan manfaat untuk membuat aliran darah menjadi lancar.

Jika aliran darah ini berjalan sebagaimana mestinya, maka otot jantung akan menjadi lebih kuat. Tak heran jika mereka yang mempunyai masalah lemah pada jantung, mereka dianjurkan untuk mengonsumsi air rebusan daun kenikir ini.

2. Obat Anti Kanker

Seperti yang Anda ketahui bahwa kanker adalah salah satu pembunuh paling berbahaya di dunia. Sel-selnya yang bisa menyebar dan hidup tanpa sepengetahuan manusia membuat penderita penyakit ini riskan sekali kehilangan nyawa.

Disinilah manfaat daun kenikir berperan. Zat saponin, terpenoid, antioksidan, flavonoid, akan bertindak sebagai bahan alami untuk melawan sel kanker. Anda cukup meminum air rebusan daun kenikir secara teratur setiap harinya.

3. Detoksifikasi Racun

Manfaat daun kenikir yang mempunyai vitamin E dalam takaran banyak ternyata juga ampuh menumpas racun yang hanyut bersama darah Anda. Antioksidan yang terdapat di dalamnya lebih dari cukup untuk menetralisir darah dari racun yang membahayakan tubuh. Sehingga bagi Anda yang ingin hidup damai dan terbebas dari zat bahaya, konsumsi daun kenikir merupakan alternatif jitu yang mesti Anda aplikasikan.

4. Menguatkan Tulang Dada

Untuk Anda yang mendambakan tulang dada kuat, maka daun kenikir adalah opsi terbaik yang bisa Anda pilih. Porsi mineral, kalsium, dan magnesium yang tepat pada daun kenikir ini bisa membuat tulang dada Anda tumbuh dengan maksimal. Untuk menjaganya tetap kuat dan berfungsi dengan optimal, Anda bisa memakan lalapan daun kenikir atau mengolahnya menjadi air rebusan mirip teh.

5. Baik untuk Kekebalan Tubuh

Sistem imun seseorang mempunyai pengaruh yang besar bagi kesehatan. Apabila tubuhnya dibentengi dengan kekebalan yang kuat, maka ia tidak akan mudah terserang penyakit serta virus yang berbahaya. Lain halnya jika sistem kekebalan tubuhnya menurun.

Berbahagialah Anda sebab manfaat daun kenikir yang ditopang dengan vitamin A dan E ini dapat memperbaiki sistem imun di dalam tubuh Anda. Kandungan protein yang tersemat di dalamnya andil dalam pembentukan fagosit. Vitamin C dalam daun kenikir ini juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

6. Mencegah Penuaan Dini

Bukan hanya sekedar treatment saja, makanan yang bergizi seperti daun kenikir ternyata ampuh menghindarkan Anda dari masalah penuaan dini. Kenikir mampu menutrisi kulit Anda, menjadikannya lebih cerah dan membuat Anda bisa jauh-jauh dengan masalah keriput.

Menyantap daun kenikir secara rutin bisa Anda jadikan referensi untuk tampil awet muda.

Bagaimana? Masih mau melewatkan manfaat daun kenikir untuk menunjang penampilan Anda agar tetap bugar setiap saat?.

Manfaat Daun Belantas

Manjadda
103x dibaca

Manfaat Daun Gaharu

Manjadda
430x dibaca

Manfaat Daun Jambu Biji

Manjadda
124x dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *