Manfaat Daun Jarak

182x dibaca

Eksistensi tanaman jarak memang sudah dikenal oleh banyak orang sejak dahulu. Apalagi jika mengingat program pemerintah kolonial Belanda yang sempat menghimbau masyarakat untuk menanam jarak sebagai bahan bakar agar kapal-kapal milik Belanda bisa berlayar. Pantas saja jika sampai sekarang Anda bisa dengan mudah menjumpai tanaman ini, beberapa orang bahkan sengaja menanamnya di samping pekarangan rumah.

Terlepas dari popularitas jarak yang digunakan sebagai minyak, tahukah Anda bahwa khasiat daun jarak bagi kesehatan juga menjadi hal yang cukup diperhitungkan?. Ya, hal ini semakin kuat setelah dibuktikan dengan penemuan sejumlah zat alami antara lain Vitamin C, reynoutrin, astragin, ricine, rutin, isoqueritri, kaemferol, quercetin, nicotiflorin, dan kaemferol 3 rutinosida.

Berikut ini adalah manfaat Daun Jarak bagi kesehatan :

1. Mengatasi luka pendarahan

Mungkin belum banyak orang yang tahu bahwa minyak daun jarak bisa mengobati luka yang terjadi karena pendarahan. Langkah yang mesti Anda terapkan untuk memperoleh manfaat daun jarak ini pun mudah sekali.

Ambil 2 sendok minyak jarak, campurkan dengan 2 sdm vaselin, satu ruas cendana atau kayu kacang, dan ¼ sendok teh belerang. Panaskan bahan-bahan alami yang telah disiapkan sebelum Anda mengoleskannya. Tapi, jika pendarahan yang Anda alami baru saja keluar, Anda bisa menanganinya dengan getah daun pisang.

2. Sariawan

Gangguan pada mulut ini memang terbilang sepele. Namun bagi Anda yang merupakan orang multitasking dan dituntut untuk cakap setiap harinya, sariawan tentu berubah menjadi momok yang menakutkan apabila tidak segera disembuhkan.

Tak perlu tergesa-gesa mencari obat di apotek untuk menghilangkan problem ini, Anda bisa menggantinya dengan getah yang terdapat pada tangkai daun jarak. Kemudian, tempelkan pada bibir yang terkena sariawan.

3. Gatal, jamur, dan koreng

Barangkali Anda pernah merasa bosan dan jengkel saat tiba-tiba Anda menemukan jamur atau koreng yang hinggap begitu saja di tubuh. Beruntunglah Anda karena manfaat daun jarak ini merupakan solusi yang murah dan mudah untuk Anda terapkan. Minyak jarak yang bisa Anda beli di apotek atau toko herbal menyimpan khasiat luar biasa untuk mengusir jamur atau membereskan bekas koreng.

Untuk menggasak hasil yang maksimal, Anda bisa memanaskan minyak jarak dulu, kemudian celupkan kapas dan balurkan pada bagian yang bermasalah.

4. Perut kembung dan masuk angin

Beraktivitas selama seharian penuh di luar ruangan ditambah dengan kondisi cuaca yang tidak menentu acapkali menjadi pemicu masuk angin menyerang Anda sewaktu-waktu. Kalau sudah begini Anda tentu memerlukan obat yang cocok dan aman.

Cuci bersih beberapa helai daun jarak yang sudah tua, biarkan sampai layu. Selanjutnya Anda bisa mengolekannya daun jarak ini dengan minyak kelapa atau minyak kayu putih. Letakkan daun jarak pada bagian perut. Agar manfaat daun jarak ini menuai hasil maksimal, Anda bisa mempraktikkannya secara rutin.

5. Susah BAB

Anda mungkin akan merasa sedikit gelisah begitu menjumpai masalah sulit untuk buang air besar. Parahnya, persoalan klasik ini tidak hanya menimpa orang dewasa saja melainkan juga anak-anak. Jika Anda merupakan satu dari sekian orang yang sedang berhadapan dengan situasi seperti ini, Anda tidak perlu panik.

Siapkan daun jarak yang sudah bersih, kukus agar daunnya sedikit layu. Untuk mendapat manfaat daun jarak ini, Anda bisa mengkonsumsi daun yang sudah dikukus tadi secara langsung. Lakukan dengan teratur sampai BAB Anda lancar.

Bagaimana? Masih tertarik dengan obat kimia setelah mengetahui kegunaan daun jarak yang lebih alami dan gampang didapat ini?.

Manfaat Daun Jambu Biji

Manjadda
121x dibaca

Manfaat Daun Jeruk Purut

Manjadda
344x dibaca

Manfaat Daun Meniran

Manjadda
358x dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *