Manfaat Daun Genjer

258x dibaca

Genjer merupakan tanaman yang bisa dengan mudah dijumpai di daerah rawa atau persawahan. Tumbuhan tahunan yang dapat hidup dengan ketinggian sampai setengah meter ini mempunyai rimpang yang agak tebal dan tegak yang terbenam di lumpur. Daunnya yang mengapung berwarna hijau dilapisi oleh lapisan lilin yang membuatnya terlihat mengkilap.

Manfaat daun genjer selain sebagai sayuran yang murah ternyata juga dibekali dengan sejumlah kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Berikut adalah informasi nilai gizi yang terdapat dalam daun genjer.

Kandungan nutrisiJumlah
Energi33 kkal
Protein1,7 gram
Lemak0,2 gram
Karbohidrat7,7 gram
Kalsium62 gram
Fosfor33 mg
Zat Besi2 mg
Vitamin B10,07 g

 

Selain informasi di atas genjer juga diketahui sebagai pemasok falovonoid dan polifenol dalam takaran yang cukup. Dan semua gizi tersebut baik untuk dikonsumsi. Satu hal yang mesti Anda perhatikan ialah dengan memastikan bahwa genjer yang Anda dapat berasal dari lahan yang sehat dan bersih, sebab tanaman ini disebut-sebut dapat menyerap logam berat.

Berikut adalah manfaat daun genjer bagi kesehatan tubuh

 

1. Obat penambah nafsu makan

Tidak hanya temulawak, genjer nyatanya ampuh menambah nafsu makan seseorang. Anda bisa memanfaatkan genjer ini dengan cara mengukus setengah matang daun genjer 15 gram. Tapi ingat, sebelumnya cuci daun sampai bersih. Anda bisa mengonsumsi daun genjer tersebut sebagai lalapan atau disandingkan dengan makanan yang akan Anda santap.

2. Meremajakan sel-sel tubuh

Mungkin belum banyak orang yang tahu kalau genjer ternyata sangat piawai dalam menjalankan regenerasi sel-sel tubuh. Dengan menyantap genjer, jutaan sel-sel di dalam tubuh manusia yang semula tidak berfungsi akan tergantikan dengan sel baru.

Tak hanya itu saja, kandungan protein yang ada pada sayuran genjer juga akan mempercepat penyembuhan luka pada tubuh. Apalagi dengan keberadaan zat besi, manfaat daun genjer ini sudah tidak dapat diragukan lagi tentunya.

3. Cadangan energi

Genjer memang enak dijadikan sebagai sayur atau lalapan. Tapi sayuran yang hidup di rawa ini juga mampu memberikan cadangan energi bagi tubuh Anda. Meskipun energi yang disuplai oleh genjer ini hanya dalam takaran sedikit.

4. Memperkuat tulang

Zat kalium dan fosfor seperti yang Anda ketahui memiliki peranan penting dalam pertumbuhan tulang pada anak-anak, juga memaksimalkan pertumbuhan gigi saat mereka masih berusia belia. Sementara pada orang dewasa, nutrisi ini akan bekerja untuk memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis. Bersyukurlah Anda karena genjer juga menyediakan nutrisi ini.

5. Mencegah kanker kolon dan sembelit

Manfaat daun genjer yang kaya akan serat nampaknya harus Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan mengapa Anda tak boleh melewatkan sayuran ini begitu saja. Sebab dengan terpenuhinya serat yang Anda butuhkan, masalah sembelit atau susah buang air besar dapat dicegah.

Kabar terbaru juga menyebutkan bahwa genjer efektif menghindarkan Anda dari bahaya kanker kolon.

7. Mengatasi anemia

Bagi Anda yang mempunyai penyakit kurang darah, pengobatan alami dengan konsumsi genjer mungkin bisa dikatakan sebagai rekomendasi yang jitu. Ya, zat besi yang ada pada genjer akan membantu tubuh untuk memperbaiki sel darah merah di dalam darah. Selain aman karena tergolong pengobatan secara herbal. Anda pun tak perlu bersusah payah untuk mendapatkannya.

Bagi Anda yang ingin merasakan manfaat daun genjer dengan mengolahnya menjadi sayur, Anda bisa merebus daun genjer terlebih dahulu kemudian diberi garam selama 3 menit.

Manfaat Daun Jambu Biji

Manjadda
121x dibaca

Manfaat Daun Jeruk Purut

Manjadda
344x dibaca

Manfaat Daun Meniran

Manjadda
358x dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *