Manfaat Daun Gaharu

431x dibaca

Popularitas tanaman gaharu yang bisa dengan mudah Anda jumpai di Indonesia ini memang sudah tidak bisa diremehkan lagi. Tumbuhan yang mempunyai ketinggian 15-30 meter ini memiliki bunga berwarna putih dan hidup pada habitat pegunungan atau tanah yang berdekatan dengan rawa.

Ibnu Sina, ilmuwan islam yang terkemuka di bidang kedokteran pernah menyebutkan gaharu dalam kitabnya Al Qanun Fi Tib. Ia mengatakan bahwa gaharu mampu menyembuhkan penyakit manusia, mulai dari gangguan pikiran hingga urat-urat saraf.

Sejalan dengan progres di ranah medis yang makin signifikan, gaharu juga kerap diandalkan dalam praktik medis di daerah Tibet. Daun ini berperan sebagai zat terapi lewat minyak esensial dan obat gusi.

Sebelum mengenal lebih jauh khasiat daun gaharu, berikut adalah informasi mengenai kandungan zat pada daun gaharu.

AlkoloidDosis yang tepat berfungsi sebagai antibiotik
FenolikTumbuhan biaktif yang penting untuk pigmentasi tanaman
FlavonoidAnti inflamasi yang ampuh menangani masalah peradangan
TanninSenyawa yang menyandang tugas sebagai antiseptik

 

Metode kuno pemanfaatan daun gaharu ialah dengan mengolahnya menjadi teh herbal. Pengobatan alami ini telah dipraktikkan selama lebih dari 100 tahun di Asia Tenggara dan dipercaya dapat menyembuhkan masalah lambung, ginjal, serta pernafasan. Sementara itu, dokter menyarankan bahwa dosis maksimal untuk takaran ini ialah 3 gram sehari.

Langsung saja, mari simak manfaat daun gaharu yang lainnya:

1. Mencegah penuaan dini

Aktivitas padat di luar ruangan, berjibaku dengan polusi, serta penggunaan beberapa produk kosmetik yang mengandung merkuri ditengarai menjadi penyebab klasik penuaan yang terjadi dengan cepat pada seseorang. Hal ini tentu mengundang kekhawatiran tersendiri menilik produktivitas sebagai wanita karir merupakan kewajiban yang dijalani oleh banyak orang.

Tapi kini Anda tidak perlu resah, teh gaharu yang dibekali dengan genkwanin atau glikosida alami ini bermanfaat untuk kecantikan Anda. Zat ini mampu menghilangkan merkuri dengan efisien dan memperlambat proses penuaan.

Manfaat daun gaharu ini terbukti ampuh. Selain murah, Anda pun tidak akan menjumpai pengawet atau pewarna buatan sebagaimana halnya produk yang beredar di pasaran.

2. Detoksifikasi tubuh

Konsumsi makanan sembarangan serta keteledoran dalam menggunakan produk kecantikan akan meninggalkan racun yang sifatnya riskan bagi tubuh Anda. Jika senyawa ini tidak segera dikeluarkan, maka lama kelamaan akan mengganggu secara neurologis.

Langkah yang bisa Anda tempuh ialah dengan mengkonsumsi teh gaharu. Ya, teh herbal yang kaya akan senyawa baik ini selain mampu menurunkan berat badan Anda yang berlebihan juga mampu menetralisir racun yang ada di dalam tubuh. Untuk menghindari kebosanan, Anda juga bisa membuat infused water dengan lemon dan meminumnya di pagi hari setelah bangun.

3. Aroma terapi

Mungkin belum banyak yang tahu manfaat daun gaharu untuk relaksasi. Ternyata, ekstrak daun ini mampu mendatangkan ketenangan bagi siapapun yang menghirupnya. Tentu tidak adiktif ya?. Gaharu mampu menghilangkan kecemasan dan depresi yang dirasakan oleh seseorang.

Aroma terapi ini bahkan dapat bertahan hingga 12 jam lamanya. Tak heran jika sejumlah rumah parfum di Eropa menyertakan gaharu sebagai materialnya.

4. Anti depresi

Keberadaan ekstrak benzene pada daun gaharu andil dalam sistem saraf pusat sebagai anti depresi pada sistem saraf. Hal ini karena gaharu didukung dengan zat agarospirol yang ampuh menekan sistem saraf pusat dan mendatangkan ketenangan serta kebugaran tubuh Anda.

Bagaimana? Anda yakin akan menyia-nyiakan manfaat daun gaharu yang recomended ini?.

Manfaat Daun Belantas

Manjadda
103x dibaca

Manfaat Daun Jambu Biji

Manjadda
124x dibaca

Manfaat Daun Jeruk Purut

Manjadda
347x dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *