Manfaat Daun Dadap Serep

476x dibaca

Eksistensi tanaman dadap serep bisa dikatakan sedang berada di posisi teratas. Khasiatnya yang cukup banyak bagi kesehatan menjadikan tanaman ini laku keras dan menjadi incaran banyak orang. Memiliki nama ilmiah Erytrina Variegata dan tergolong dalam keluarga polong-polongan (Fabaceae), tumbuhan yang juga dikenal dengan sebutan godong towo oleh orang Jawa ini bisa tumbuh dengan ketinggian mencapai dua puluh meter.

Daun dadap lebar di bagian ujung dan meruncing. Bisanya tanaman ini akan mekar pada bulan Oktober hingga Desember. Dimana pada saat itu daun dadap mulai berjatuhan. Manfaat daun dadap serep yang banyak tidak terlepas dari kandungan sederet zat kimia, antara lain alkaloida, aritramina, hipaforina, eritrina, aritradin, erisofina, dan masih banyak lagi. Nah, bagi Anda yang tertarik atau ingin mendapatkan khasiat dadap serep ini, Anda juga bisa mengolahnya menjadi resep obat rumahan.

Tapi, alangkah baiknya jika Anda memahami beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan dadap serep di bawah ini.

1. Mengobati Bengkak dan memar

Luka akibat terjatuh atau terbentur barang yang keras acapkali menyisakan memar dengan rasa sakit. Selain menghambat aktivitas, masalah ini juga pasti membuat anda tidak percaya diri kan?. Tak perlu khawatir, Anda bisa mengandalkan manfaat daun dadap untuk mengatasinya.

Bersihkan segenggam daun dadap, kemudian tumbuk sampai halus. Oleskan pada luka secara merata, balut dengan kain kasa.
2. Mengobati Demam

Bagi sebagian orang, terutama mereka yang sering mendapati anaknya panas mungkin akan sedikit cemas. Apalagi jika demam yang menghampiri si buah hati tidak segera reda.

Cobalah untuk mengaplikasikan resep dari daun dadap tanpa bahan kimia ini. Siapkan beberapa helai daun dadap, bersihkan dengan air mengalir, dan kemudian haluskan sampai lembut. Anda bisa mengaplikasikan manfaat daun dadap serep ini dengan mengompresnya pada perut si kecil.

3. Mengobati Cacingan

Aktivitas yang padat ditambah dan interaksi dengan lingkungan sekitar menjadi salah satu penyebab mengapa anak kecil rentan sekali cacingan. Hal ini sebenarnya bukan masalah gawat lantaran semua orang tua mungkin dihadapkan pada situasi yang sama.

Meski begitu, Anda tak boleh ambil diam. Segera basmi cacing nakal itu dengan sari daun dadap. Anda bisa mencampurkan madu murni untuk menetralisir rasa pahitnya.

4. Gejala reumatik

Manfaat daun dadap yang selanjutnya ialah menangani reumatik. Bengkak dan nyeri yang didalangi oleh rematik dan asam urat ternyata mampu ditumpas oleh dadap serep. Tidak percaya? Anda bisa menjajal terapi herbal yang mudah dan tak perlu mengeluarkan budget berlebih.

Panaskan daun dadap dengan api kecil, kemudian tempelkan pada persendian yang nyeri. Khasiat dadap ini mungkin belum begitu familiar bagi Anda, namun siapa sangka jika nilai plus yang diberikan ini mampu membuat Anda kembali bebas beraktivitas?.

5. Mengobati Menstruasi yang tidak teratur

Haid tidak lancar mengundang ketakutan tersendiri. Darah kotor yang menumpuk di rahim selain berpotensi membahayakan juga menghantui perempuan dengan kemungkinan buruk lain. Jika anda menemui hal serupa, lebih baik jangan tergesa-gesa untuk membeli obat atau pil di apotek.

Cuci daun dan bunga dadap serep bersama air bersih. Anda bisa memasaknya seperti sup lezat yang sehat, tentu dengan mencampurkan bahan makanan lain agar manfaat daun dadap ini juga bisa anda jadikan sebagai santapan yang bergizi.

Obat herbal memang menjanjikan keunggulan yang luar biasa, selain tanpa efek samping, daun dadap ini juga bisa Anda dapatkan dengan gampang.

Manfaat Daun Jambu Biji

Manjadda
121x dibaca

Manfaat Daun Jeruk Purut

Manjadda
344x dibaca

Manfaat Daun Meniran

Manjadda
360x dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *