Manfaat Daun Ciplukan

113x dibaca

Bagi Anda yang selalu update perkembangan berita terkini, kabar seputar mahalnya buah ciplukan mungkin sering Anda dengar, bahkan viral pada beberapa majalah online. Ya, buah yang tumbuh liar ini bisa Anda jumpai pada kebun atau persawahan. Sayangnya, semakin hari populasi buah ini menurun. Hal inilah yang kemudian membuat buah ciplukan berhasil merambah pasar lokal dan mancanegara dengan harga yang relatif tinggi.

Namun tahukah Anda di samping buahnya yang enak untuk dikonsumsi, Khasiat daun ciplukan untuk menyembuhkan beberapa penyakit juga patut Anda jadikan sebagai bahan referensi.

Berikut ini adalah beberapa manfaat daun Ciplukan

1. Obat radang tenggorokan

Penyakit yang kerap menyerang anak-anak serta orang dewasa ini memang sedikit menyebalkan. Pasalnya tak hanya menahan sakit, tenggorokan pun terasa tidak nyaman saat digunakan untuk menelan makanan atau minuman.

Namun kini Anda tak perlu khawatir dan tidak perlu menyempatkan diri untuk mencari obat di apotek. Pengobatan alami dengan merebus daun ciplukan akan membantu Anda mengusir radang ini secepatnya.

2. Bisulan

Anda tentu akan merasa tidak percaya diri bukan saat menjumpai bisul tumbuh dengan sesuka hati di bagian tubuh Anda?. Manfaat daun ciplukan ternyata bisa Andalkan untuk mengatasi problem ini.

Daun buah ciplukan diperkaya dengan zat anti inflamasi yang dapat Anda gunakan untuk mengobati bisulan pada kulit. Siapkan beberapa lembar daun ciplukan yang sudah dicuci sampai bersih. Kemudian oleskan air rebusan pada area yang terkena bisul.

3. Flu

Flu memang tidak pandang bulu. Daya tahan tubuh yang melemah ditambah dengan cuaca yang tidak bersahabat membuat siapapun dihampiri oleh penyakit ini. Tapi bersyukurlah Anda lantaran daun ciplukan ternyata bisa menyembuhkan flu.

Untuk mendapatkan manfaat daun ciplukan ini, Anda bisa memotong daun ciplukan menjadi bagian yang lebih kecil. Rebus dan tunggu sampai mendidih. Setelah itu, Anda bisa mengkonsumsi ramuan ini untuk membantu penyembuhan flu yang Anda derita.

4. Mempercepat pengeringan borok

Bagi mereka yang mempunyai luka borok, ciplukan juga menyuguhkan nilai plus yang tidak ditawarkan oleh tumbuhan lain. Ya, hanya dengan menghaluskan daun ciplukan sampai lembut, Anda juga telah melakukan alternatif yang gampang untuk mengeringkan luka borok tanpa perlu mengeluarkan budget berlebih. Oleskan secara merata ke bagian yang terdapat boroknya.

5. Kencing manis

Manfaat daun ciplukan yang selanjutnya ialah mengobati kencing manis. Penyakit yang berurusan dengan pembuangan air kecil ini ternyata bisa diatasi dengan meminum air rebusan daun ciplukan secara teratur agar penyakit kencing manis ini bisa segera sembuh. Tanaman ciplukan ini menjadi referensi yang patut Anda perhitungkan di samping khasiat binahong dan kumis kucing yang juga ampuh menangani kencing manis.

6. Meminimalir resiko epilepsi

Sudah menjadi rahasia umum bahwa penyakit yang satu ini merupakan salah satu gangguan yang cukup ditakuti. Hal ini karena penderitanya bisa kumat sewaktu-waktu dan memerlukan penanganan yang khusus untuk membuatnya kembali stabil.

Bentuk waspada yang bisa Anda lakukan sejak dini ialah dengan mengkonsumsi rebusan daun ciplukan. Sementara bagi yang menderita epilepsi, manfaat daun ciplukan bisa mengurangi kekambuhan penyakit epilepsi.

7. Meredakan gangguan kelenjar getah bening

Apabila terjadi pembengkakan kelenjar getah bening, maka tidak ada salahnya jika Anda mengaplikasikan saran untuk menikmati godokan daun ciplukan secara rutin. Alternatif jitu ini tent harus diimbangi dengan konsumsi air putih yang banyak dan pola hidup sehat serta rajin berolahraga.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, konsultasikan lebih dulu dengan dokter agar manfaat daun ciplukan ini dapat menuai hasil maksimal.

Manfaat Daun Belantas

Manjadda
103x dibaca

Manfaat Daun Gaharu

Manjadda
430x dibaca

Manfaat Daun Jambu Biji

Manjadda
124x dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *