Manfaat Daun Cincau

136x dibaca

Daun cincau. Ya, siapa yang tak kenal dengan bahan minuman segar yang cocok sekali di    santap di siang hari ini. Mudah dan murah, cincau yang bisa dengan gampang ditemukan di pekarangan lantaran tumbuh liar ini ternyata juga dibekali dengan segudang khasiat yang rasanya sayang sekali untuk Anda lewatkan. Mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahui kalau tanaman lokal ini mampu menyembuhkan beragam penyakit.

Manfaat Daun Cincau

1. Meredakan Demam

Bagi sebagian besar orang, demam merupakan gejala suatu penyakit yang cukup dikhawatirkan. Terlebih kalau menimpa anak-anak, sebagai orang tua Anda tentu menginginkan solusi efektif yang dapat meredakan panas pada si kecil bukan?. Ambil beberapa lembar daun cincau, cuci hingga bersih dan rebus. Anda bisa memberikan air rebusan ini dua kali sehari.

Manfaat daun cincau yang dapat mengatasi demam tidak terlepas dari kandungan saponin dan antioksidan yang ampuh menurunkan demam.

2. Mengobati Radang Lambung

Tahukah anda bahwa daun cincau merupakan suplier vitamin C dan antioksidan?. Keberadaan dua zat ini akan membantu mengatasi radang lambung yang dialami seseorang dengan masalah kelainan asam yang dideritanya. Senyawa ini juga akan bekerja menguatkan otot dinding untuk membasmi bakteri penyebab penyakit pada lambung. Hebat sekali bukan?.

3. Anti inflamasi

Memang bukan anggapan yang asal-asalan kalau manfaat daun cincau sangat banyak. Mengobati peradangan misalnya. Zat klorofil yang dimiliki oleh cincau ini terhitung melimpah dan senyawa inilah yang nantinya akan bertindak membunuh kuman serta bakteri pada area tertentu.

Tumbuk daun cincau dan beri sedikit garam kemudian oles pada bagian yang radang 3 kali sehari.

4. Diabetes Mellitus

Mungkin sudah menjadi rahasia umum kalau penyakit gula merupakan pembunuh paling riskan di dunia. Hal ini bisa dibuktikan dari angka kematian yang terus meningkat setiap tahunnya yang mana disebabkan oleh diabetes. Namun lagi-lagi, Anda bisa mengandalkan manfaat daun cincau yang berkhasiat ini.

Bisbenzilsokuinolin dan klorofil yang tersimpan di dalam daun cincau mampu memperbaiki kinerja hormon insulin pankreas dalam mengatur kadar gula darah. Anda bisa mengonsumsi air godokan daun ini 2 kali sehari sebanyak 200 ml.

5. Mengatasi Hipertensi

Darah tinggi ditengarai sebagai pemicu stroke. Untuk itu, perlu sekali bagi Anda menjadi lebih waspada terhadap makanan yang Anda konsumsi. Mengontrol gula darah juga bisa Anda lakukan dengan menyantap cincau 3 kali seminggu. Senyawa S-S tetadrin bermanfaat mengatasi hipertensi. Zat ini membuat pembuluh darah menjadi lebih lebar, sehingga darah akan mengalir dengan lancar.

Tak ada salahnya Anda menjajal solusi ini agar darah Anda kembali normal.

6. Mengatasi diare

Kandungan alkoloid pada daun cincau yang disupport dengan vitamin C dan Vitamin B diketahui mampu menumpas habis diare yang dialami oleh seseorang. Konsumsi obat herbal ini selama 3 kali sehari mampu mengusir kuman penyakit yang terbawa melalui makanan.

Manfaat daun cincau yang mampu mengubah penyerapan sari makanan di dalam tubuh berlangsung secara optimal juga patut Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan.

7. Penangkal osteoporosis

Tulang keropos atau osteoporosis memang menjadi momok menakutkan bagi mayoritas orang. Mineral magnesium, kalsium, dan cincau bermanfaat untuk menumbuhkan sel-sel tulang yang sudah keropos. Tulang yang sudah rusak juga akan ternutrisi dengan baik. Dengan demikian, tulang Anda akan terjaga dengan baik sampai usia tua.

Selain 7 manfaat daun cincau di atas, tanaman lokal ini juga didukung dengan isokandrodendrin yang efektif mematikan sel tumor pada organ tertentu.

Manfaat Daun Mengkudu

Manjadda
301x dibaca

Manfaat Daun Anggur

Manjadda
354x dibaca

Manfaat Daun Urang Aring

Manjadda
226x dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *