Manfaat Daun Binahong

363x dibaca

Orang Indonesia mungkin masih asing dengan daun yang bernama Binahong. Daun Binahong merupakan jenis tumbuhan merambat di pagar atau sering dikenal dengan nama Gondola. Ciri-ciri Daun Binahong yaitu berdaun seperti Daun Sirih tetapi volumenya lebih tebal.

Daun Binahong masuk dalam famili Basella Rubr dengan warna batang dan tulang daun merah. Sedangkan warna daunnya yaitu kehijauan gelap. Dalam Bahasa Inggris, Daun Binahong memiliki nama Heartleaf Maderavine Madevine.

Ciri-ciri Tanaman Binahong

  • Memiliki mahkota bunga yang berwarna putih dan ujungnya berwarna ungu
  • Bunga majemuknya berukuran 3 hingga 21 centimeter
  • Mempunyai daun tunggal yang berseling
  • Batang Daun Binahong berakar
  • Batangnya tidak berkayu, mudah rapuh, bercabang-cabang, dan bulat

Daun Binahong sangat mudah ditemukan di Korea, dan di negara tersebut daun ini sering sekali digunakan sebagai bahan pembuatan obat. Selain di Korea, negara China juga memanfaatkan Daun Binahong menjadi obat penyembuh berbagai penyakit. Yang menggembirakan adalah bila Daun Binahong sekarang sudah dapat ditemukan di Indonesia. Selain di Asia, Daun Binahong juga tumbuh di Afrika. Di negara ini Daun Binahong juga dimanfaatkan untuk menyembuhkan macam-macam penyakit.

Kandungan yang Terdapat di Dalam Daun Binahong

  • Asam Oleanolic

Merupakan senyawa yang bekerja menjadi anti inflamasi. Zat ini sangat berguna dalam mengurangi rasa sakit akibat luka.

  • Antioksidan

Adalah sebuah zat yang bermanfaat untuk menangkal segala zat karsinogen dari radikal bebas di dalam tubuh. Selain itu, zat antioksidan yang ada di dalam Daun Binahong berfungsi mencegah datangnya kanker.

  • Asam Askorbat

Adalah zat yang bermanfaat dalam menyembuhkan luka, khususnya luka bakar. Saat seseorang terluka, maka risiko terkena infeksi sangatlah tinggi. Maka dari itu, kandungan Asam Askorbat di dalam Daun Binahong ini sangat membantu mempercepat penyembuhan luka, sehingga infeksi dapat dicegah.

  • Alkaloid

Alkaloid adalah zat yang bersifat hipoglikemik. Yaitu zat yang digunakan untuk menurunkan kada gula darah pada penderita diabetes.

  • Minyak Atsiri

Merupakan jenis minyak yang bermanfaat sebagai antiseptik, bahan sedative, hemolitik, stimulant, enzimatik, dan analgesic. Untuk pemakaian luar, biasanya minyak ini disuling terlebih dahulu kemudian akan dioksidasi sehingga warnanya berubah.

  • Saponin

Saponin yaitu senyawa aktif seperti sabun yang berada di permukaan Daun Binahong. Saponin ini akan menjadi zat pelindung tubuh setelah melewati proses pencairan serta pelarutan. Saponin juga mampu membentuk kolagen yang bermanfaat sebagai penyembuh luka. Selain itu, manfaat lainnya dari Saponin ialah untuk membersihkan tubuh, meningkatkan sistem imun tubuh, dan membantu menurunkan kolesterol.

Manfaat Daun Binahong

  1. Manfaat Daun Binahong untuk Kanker

Khasiat Daun Binahong yang pertama adalah menyembuhkan kanker. Kandungan yang terdapat di dalam Daun Binahong ternyata sangat efektif dalam menangkal segala radikal bebas. Lalu kandungan Vitamin C yang ada di dalamnya akan meningkatkan ketahanan tubuh.

Untuk membuat ramuan dari Daun Binahong sebagai penyembuh kanker yaitu siapkan 30 gram Daun Binahong lalu cuci sampai bersih. Kemudian rebus dalam 1 liter air hingga tersisa 600 ml. Minumlah air rebusan tersebut 3 kali sehari dengan dosis 200 ml per sekali minum.

  1. Manfaat Daun Binahong untuk Ambeien

Manfaat Daun Binahong yang kedua adalah mengobati ambeien. Cara membuat ramuan dari Daun Binahong untuk mengobati ambeien sangat mudah, pertama cuci bersih Daun Binahong sebanyak 16 lembar. Kemudian rebus sampai mendidih dan airnya tersisa 3 gelas. Minumlah air rebusan Daun Binahong ini setiap hari agar ambeien segera sembuh.

  1. Manfaat Daun Binahong untuk Jerawat

Semua Orang pasti menginginkan memiliki wajah yang sehat, mulus dan bersih agar nyaman jika dipandang, Akan tetapi jika jerawat sudah bersarang di wajah maka rasa percaya diripun akan berkurang, Manfaat yang ketiga dari daun binahong yakni mampu membersihkan jerawat di wajah anda caranya cukup mudah yakni menjadikkannya sebagi masker wajah

  • Siapkan 6-7 lembar daun binahong yang sudah dicuci bersih.
  • Tumbuk daun binahong hingga halus.
  • Oleskan tumbukan daun binahong ke wajah anda dengan merata.
  • Tunggu selama -/+ 16 menit kemudia bilas menggunakan air bersih.
  • Gunakan secara teratur yakni 3-5 hari sekali.
  1. Manfaat Daun Binahong untuk Asam Urat

Asam urat merupakan penyakit yang banyak diderita orang saat ini, Asam urat sendiri merupakan penyakit yang timbul karena penimbunan zat purin yang mengkristal sehingga menyebabkan rasa sakit yang menusuk di bagian persendian, Karena tingginya penderita asam urat saat ini banyak kita jumpai obat asam urat yang beredar dipasaran baik obat herbal maupun obat kimia, Bagi anda yang menderita penyakit asam urat Daun Binahong mungkin bisa menjadi salah satu solusi obat secara alami untuk mengobati penyakit asam urat anda, Berikut cara pengolahannya

  • Ambil 10 lembar daun binahong dan cuci dengan bersih.
  • Rebus daun binahong bersama 4 gelas air (1 liter) dengan nyala api sedang.
  • Tunggu hingga air susut menjadi 2 gelas.
  • Saring air rebusan, dan ramuan siap untuk diminum.
  1. Manfaat Daun Binahong untuk Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling berbahaya di dunia ini, Salah satu penyebab penyakit jantung adalah tingginya kolesterol dalam tubuh, Oleh karena itu daun binahong bisa menjadi salah satu obat alami demi menjaga agar terhindar dari penyakit jantung karena Senyawa Saponin yang terkandung dalam daun binahong mampu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, berikut cara penggunaannya

  • Ambil 2-3 lembar daun binahong dan cuci hingga bersih.
  • Seduh daun binahong menggunakan 1 gelas air panas.
  • Konsumsi rutin sehari sekali.

Demikianlah 5 Manfaat Binahong, Bagaimana apakah anda berminat menggunkan daun binahong sebgai ramuan obat di keluarga anda?

Manfaat Buah Bengkoang

Manjadda
154x dibaca

Manfaat Buah Naga

Manjadda
114x dibaca

Manfaat Buah Arbei

Manjadda
233x dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *