Manfaat Daun Afrika

171x dibaca

Popularitas daun Afrika sebagai bahan herbal tradisional memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Ya, memiliki daun kecil dengan permukaan kasat dan mengkilap ini sudah sejak lama diandalkan sebagai obat yang murah dan mudah didapat. Hal ini tidak terlepas dari kandungan asam fenolat, asam lemak, vitamin, asam esensial, minyak khas, zat antioksidan, dan senyawa anti inflamasi.

Pohon yang tumbuh subur di daerah tropis dan sub tropis ini bisa dikembang biakan dengan proses stek batang. Jadi, Anda hanya perlu menancapkan batang yang telah ditumbuhi cabang kecil. Mudah sekali kan.

Berikut beberapa manfaat daun afrika bagi kesehatan

1. Menurunkan kolesterol

Pola makan tidak sehat yang menyertakan lemak serta daging-dagingan acapkali meninggalkan kolesterol berlebih. Minyak jenuh dan zat makanan tidak sehat yang membawa kolesterol ini juga memicu penyakit stroke, jantung, diabetes, dan gagal ginjal yang tentu mengancam keselamatan Anda. Maka dari itu, berhati-hatilah jika Anda memiliki kolesterol tinggi.

Tapi tak perlu khawatir, manfaat daun afrika bisa Anda Andalkan. Rebus daun afrika yang sudah dikeringkan, saring, dan tambahkan madu atau jeruk untuk membuat rasanya bisa berdamai dengan lidah Anda.

2. Mengontrol kadar gula darah

Kadar gula darah sebenarnya mampu dikendalikan oleh insulin. Tapi seringkali seseorang mengalami masalah lantaran resistensi insulinnya. Jika hal ini terjadi, maka tubuh tidak memiliki keahlian untuk memproduksi insulin sehingga kadar gula darah dalam darah menjadi sangat tinggi.

Untuk mengendalikan ini, Anda bisa mengonsumi daun teh dari rebusan daun afrika segar selama 2 kali sehari. Selain gampang, alternatif jitu ini akan menstabilkan gula darah Anda.

3. Malaria

Gigitan nyamuk anopheles yang membahayakan harusnya membuat setiap orang lebih waspada. Tapi apa jadinya jika ternyata Anda lengah dan mesti mencari solusi yang benar-benar efektif untuk menyelesaikan persoalan ini?. Jawabannya ialah manfaat daun afrika.

Masaklah satu genggam daun afrika kering dengan 5 gelas air. Tunggu sampai air rebusan tinggal 1 gelas. Saring kemudian minum. Jika rasanya terlalu pahit, Anda bisa menuangkan madu.

4. Sakit perut

Jajan sembarangan atau menyantap makanan yang tidak higienis umumnya menimbulkan sakit pada perut. Gangguan lambung ini mengakibatkan nyaman pada bagian ulu hati, bila Anda terlambat makan maka akan merasa tidak nyaman dan nafsu makan Anda menjadi menurun. Untuk menangani masalah ini, Anda bisa memakai daun afrika sebagai ramuan yang mujarab.

Rebuslah daun afrika sampai matang. Jangan lupa bersihkan terlebih dahulu. Setelah itu Anda bisa meminumnya dalam keadaan hangat agar lambung lebih nyaman.

5. Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang gencar melancarkan program diet, manfaat daun afrika yang bisa menghancurkan bantalan lemak di tubuh ini patut Anda jadikan sebagai bahan perhitungan. Selain resiko terkena penyakit berbahaya, lemak juga dapat menyebabkan gangguan sistem metabolisme terhambat, karbohidrat menjadi energi yang tidak berjalan dengan baik.

Untuk itu, Anda perlu air rebusan daun afrika yang kering. Teh daun afrika ini akan optimal jika dibarengi dengan olahraga secara teratur.

6. Mencegah penyakit jantung

Jantung bisa disebabkan bermacam-macam faktor. Namun dalam dunia medis untuk penyakit jantung ini muncul karena kelemahan jantung dalam mengatur dan mengolah pompa jantung yang akhirnya mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Senyawa yang tersimpan dalam daun afrika ini ampuh meluruhkan plak dalam pembuluh darah ke jantung.

Bagaimana? Masih mau melewatkan manfaat daun afrika bagi kesehatan tubuh Anda?.

Manfaat Daun Gaharu

Manjadda
430x dibaca

Manfaat Daun Jambu Biji

Manjadda
121x dibaca

Manfaat Daun Jeruk Purut

Manjadda
345x dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *