Manfaat Buah Jarak

173x dibaca

Jarak merupakan salah satu tanaman yang tumbuh liar di Indonesia, tanaman yang satu ini umumnya dapat tumbuh di tanah yang kosong, hutan bahkan pinggir pantai. Meskipun tumbuh liar, akan tetapi tanaman yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat bagi manusia. Mulai dari batang, getah, daun, bunga hingga buahnya.

Akan tetapi, salah satu manfaat dari pohon jarak ialah dapat digunakan sebagai penghasil minyak bumi ataupun bahan bakar. Walaupun memiliki manfaat tersebut, ternyata pohon jarak juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh Anda. Ada banyak khasiat buah jarak yang bisa Anda gunakan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh Anda.

Ada apa sajakah itu? Berikut beberapa pembahasan mengenai manfaat buah jarak yang harus Anda ketahui.

1. Mengobati sakit gigi

Manfaat buah jarak pertama yang harus Anda ketahui dari tanaman yang satu ini ialah dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi yang Anda derita. Untuk mengobatinya, Anda hanya cukup menggunakan getah jarak lalu diteteskan pada bagian gigi yang berlubang. Getah jarak memiliki sifat anti mikroba yang dapat digunakan untuk membunuh berbagai bakteri yang ada di gigi berlubang.

2. Mengatasi masalah ketombe

Tak hanya memiliki banyak sekali manfaat pada bagian buahnya, akan tetapi daun jarak juga sangat berfungsi untuk mengatasi ketombe yang susah dihilangkan. Untuk bisa menghilangkan ketombe caranya pun sangat mudah, Anda hanya perlu mengambil beberapa helai daun jarak lalu kemudian ditumbuk sampai halus. Setelah itu, Anda bisa mengoleskannya di kulit kepala. Lakukan hal ini secara rutin sebelum keramas.

3. Membantu menyuburkan rambut

Banyak sekali manfaat buah jarak yang harus Anda ketahui. Salah satunya yakni membantu untuk membuat rambut Anda menjadi lebih tebal. Cara untuk membuat rambut Anda tampak lebih tebal pun sangat mudah. Anda hanya tinggal menggunakan 20 hingga 30 biji jarak kemudian tumbuk. Setelah itu, perasa dan ambil minyaknya, oleskan minyak jarak tersebut pada kulit kepala Anda.

Baca juga : Manfaat Daun Jarak

4. Mengobati sariawan

Belum cukup dengan beberapa manfaat buah jarak tersebut? Nah, Anda juga bisa membaca informasi yang satu ini. Getah jarak terbukti ampuh mampu membantu mengobati sariawan. Caranya pun sangat mudah, Anda hanya tinggal mengambil getah dengan menggunakan kapas. Setelah itu, tempelkan pada bagian mulut yang sariawan. Lakukan hal ini secara rutin sampai sariawannya hilang secara sempurna.

5. Membantu mengobati luka

Tidak hanya dapat digunakan untuk mengobati sariawan saja, akan tetapi getah jarak juga sangat baik untuk mengobati luka. Hal ini dikarenakan getah jarak mengandung antimikroba yang dapat membantunya cepat kering. Cara menggunakannya pun sangat mudah, Anda hanya tinggal meneteskan getah jarak pada kapas lalu kemudian tempelkan pada bagian yang terluka.

6. Mengobati rematik

Rupanya semua bagian dari pohon jarak memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh Anda. Akar jarak ternyata juga sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit rematik. Caranya pun sangat mudah, Anda hanya tinggal mengambil sekitar 25 gram akar jarak lalu kemudian rebus bersama dengan air putih. Didihkan hingga tersisa setengah gelas dan minumlah secara rutin.

Itu dia deretan manfaat buah jarak yang bisa Anda dapatkan. Nah, satu hal yang harus Anda ketahui bahwa tidak semua jenis pohon jarak memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh Anda. Pohon jarak wulung dan pohon jarak pagar merupakan beberapa jenis pohon jarak yang sering dibudidayakan oleh masyarakat.

Manfaat Daun Belantas

Manjadda
103x dibaca

Manfaat Daun Gaharu

Manjadda
430x dibaca

Manfaat Daun Jambu Biji

Manjadda
122x dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *