Manfaat Buah Alpukat

107x dibaca

Manfaat Buah alpukat tentunya sudah tidak asing lagi dalam dunia kesehatan maupun kecantikan. Buah ini bukan hanya dipakai untuk berbagai menu hidangan atau dessert, tetapi juga banyak kandungan nutrisi di dalamnya yang bermanfaat untuk kesehatan, diantaranya untuk kesehatan ibu hamil dan kulit atau kecantikan.

Manfaat buah alpukat untuk Ibu Hamil

Alpukat merupakan salah satu buah yang disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat membantu proses kehamilan dari awal sampai masa kelahiran, yaitu :

  1. Membantu pembentukan organ tubuh bayi dan mencegah terjadinya deformitas tulang, yaitu susunan gigi pada bayi menjadi tidak teratur karena rahangnya tidak terbentuk dengan baik yang disebabkan kekurangan asam folat.
  2. Membantu pembentukan jaringan syaraf pada bayi sejak dalam kandungan sehingga mencegah resiko bayi lahir cacat.
  3. Mencegah anemia dan insomnia yang sering dialami oleh ibu hamil, dan juga preklamsia atau tekanan darah tinggi pada ibu hamil yang dapat beresiko kematian pada janin karena keracunan.
  4. Selain asam folat, zat lain yang dibutuhkan untuk pembentukan tulang adalah kalsium, dan zat ini juga banyak terdapat dalam kandungan alpukat.
  5. Membantu menjaga kondisi kestablilan emosional ibu hamil dengan kandungan vitamin E dalam buah alpukat, yang memberikan kenyamanan pada janin.
  6. Vitamin E tersebut juga berfungsi sebagai anti penuaan, yang sering terlihat pada fisik ibu hamil yang tampak jauh lebih tua dari biasanya. Dan ini bisa dicegah dengan vitamin E tersebut sehingga terlihat lebih segar.
  7. Vitamin K dalam buah alpukat membantu pembentukan tulang dan pembentukan sel darah merah.
  8. Ibu hamil juga sangat membutuhkan asupan vitamin C. Kebanyakan dari mereka mengkonsumsi vitamin C dari bahan kimia atau sejenis obat-obatan, tapi hal ini bisa menyebabkan kelebihan kadar, jadi sebaiknya mendapatkan Vitamin C itu dari buah, salah satunya alpukat.
  9. Vitamin B1 yang juga disebut dengan Tiamin, mengurangi rasa mual pada kehamilan awal atau trisemester.
  10. Vitamin B2 terkenal dengan riboflavin, membantu menguraikan makanan yang dimakan ibu menyusui sehingga menjadikan ASI lebih baik.
  11. Vitamin B6 dikenal sebagai Pridoksin, berfungsi untuk menjaga daya tahan ibu hamil.
  12. Serat yang terdapat dalam alpukat membantu melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, dengan cara meningkatkan pergerakan usus.
  13. Kolestrol terdiri dari kolestrol baik dan kolestrol jahat. Alpukat mengandung kolestrol baik dan jika dikonsumsi dengan cukup, kolestrol baik tersebut bisa mengurangi kolestrol jahat dalam tubuh.
  14. Lemah tak jenuh yang ada dalam alpukat membuat ibu hamil cepat kenyang dan bertahan lama.

Manfaat Buah Alpukat Untuk Wajah

Selain di bidang kesehatan, ternyata khasiat buah alpukat juga bisa dirasakan di bidang kecantikan. alpukat juga sering digunakan untuk berbagai kebutuhan kecantikan kulit, terutama wajah. Alpukat yang dimakan atau dijus, bisa memberikan manfaat melembabkan kulit dari dalam.

Selain menjaga kelembaban kulit dari dalam, perlu juga merawat kelembaban kulit dari luar, yaitu dengan cara memberi masker, salah satunya adalah masker dari buah alpukat.

Manfaat buah alpukat Untuk Masker

  • Memutihkan wajah secara alami tanpa bahan kimiawi
  • Melembabkan dan melembutkan wajah dari luar.
  • Mengangkat sel kulit mati pada wajah yang menyebabkan kulit kusam, dan menggantinya dengan sel kulit baru sehingga wajah terlihat sehat berseri.
  • Berfungsi sebagai anti aging atau anti penuaan. Daripada memakai produk anti aging yang mengandung banyak zat kimia, lebih baik menggunakan bahan alami seperti alpukat yang dijadikan masker.

Dalam membuat masker alpukat tersebut, sebaiknya hindari pencampuran dengan zat-zat kimia. Lebih baik mencampur alpukat dengan bahan alami lainnya seperti tomat, minyak zaitun, madu dan yogurt supaya hasilnya lebih maksimal.

Manfaat Daun Jambu Biji

Manjadda
121x dibaca

Manfaat Daun Jeruk Purut

Manjadda
344x dibaca

Manfaat Daun Meniran

Manjadda
360x dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *